paket foto wedding (3)

Tips Mengatur Bujet Foto/Video Pernikahan

June 2, 2015Artikel Standard

paket foto wedding (1)paket foto wedding (2)paket foto wedding (3)paket foto wedding (4)

Pernikahan adalah perhelatan yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Segala kebutuhan pastilah disiapkan dengan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah kebutuhan dokumentasi berupa foto dan video pernikahan. Sebetulnya berapa besarnya bujet yang harus dialokasikan untuk dokumentasi ini? Jawabannya adalah relatif. Sama halnya dengan bujet yang dikeluarkan untuk kebutuhan pernak- pernik nikah lain seperti undangan, dekorasi, gedung, catering, rias dan baju pengantin. Namun ada baiknya kita berpikir bijak dalam hal ini.

Dokumentasi berupa foto atau video adalah satu-satunya yang akan tersisa dari pesta pernikahan kita. Tanpa dokumentasi yang baik, maka kenangan akan indahnya gaun pengantin, megahnya gedung pernikahan, harunya suasana akad nikah/pemberkatan hanya akan menjadi kenangan yang akhirnya terlupakan oleh waktu. Sayang sekali bukan?

Permasalahan yang paling mendasar sebetulnya adalah bujet. Dengan banyaknya anggaran yang harus dikeluarkan untuk biaya pernikahan, kita harus cermat untuk mencari penyedia jasa yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Baca Tips Memilih Jasa Foto Pernikahan

Secara umum di Indonesia jasa dokumentasi foto dan video bisa dibedakan menjadi dua yaitu pertama dokumentasi klasik dan kedua dokumentasi artistic+wedding journalism. Dokumentasi klasik biasanya akan mencover foto/video formal dengan gaya yang formal. Seperti misalnya foto-foto mempelai dengan tamu di pelaminan. Bujet untuk dokumentasi gaya klasik ini sangat terjangkau.

Sedangkan dokumentasi artistic+wedding journalism lebih menekankan pada foto/video sebagai sebuah karya seni. Karena kebutuhan peralatan dan tuntutan keahlian dari fotografer, bujet untuk menggunakan jasa ini cukup tinggi, sebanding dengan hasil yang akan Anda peroleh tentunya. Jika bujet yang Anda anggarkan memang cukup, carilah vendor fotografi yang menyediakan jasa foto/video wedding day sekaligus art work berupa desain albumnya. Jadi Anda berdua tidak akan menerima output sekadar album foto, melainkan wedding book. Di dalam wedding book yang Anda pesan, packaging dan foto sudah menjadi satu kesatuan utuh tak terpisahkan. Anda hanya perlu membayar jasa dokumentasi dan mendapat sebuah karya seni yang indah. Yang tentu saja akan menjadi salah satu yang tersisa dan terus dikenang sepanjang kehidupan Anda.